Ecolecon – Kudeta Militer RGO303 Guncang Negara Ini, Tentara-Tank Serbu Istana Presiden

Ecolecon – Kudeta tentara mengguncang Bolivia, Rabu durasi setempat. Angkatan serta tank- tank alat transportasi bungkus baja mendobrak bangunan penguasa di bunda kota La Paz.

Bagi kantor alat penguasa ABI, aktivasi tentara terjalin jam 14. 30 durasi lokal. Dalam rekaman peristiwa, angkatan dengan senjata komplit terkumpul RGO303 SLOT LOGIN LINK ALTERNATIF di alun- alun penting La Paz, Murillo Plaza, tempat kantor administrator serta legislatif nasional terletak.

Merujuk Associated Press( AP), alat transportasi bungkus baja pula menabrak pintu kastel kepala negara. Dalam keterangannya di depan para angkatan yang bersiaga, komandan tentara Bolivia yang mengetuai kudeta itu, Jenderal Juan Jose Zuniga, menyorakkan kebangkitan melawan rezim Kepala negara Luis Arce serta berkata akan merestrukturisasi kerakyatan di negeri itu.

” Angkatan Bersenjata berarti merestrukturisasi kerakyatan, menjadikannya kerakyatan asli serta tidak dijalani oleh sedikit orang sepanjang 30, 40 tahun,” tuturnya di luar kantor kepresidenan, dikelilingi oleh angkatan serta 8 tank, dilansir AFP.

Kepala negara Arce menjawab ini dengan ceramah yang ditayangkan di tv bersama para menterinya di dalam kastel kepala negara. Beliau mengancam aksi tentara itu.

Dirinya menekan orang Bolivia buat berorganisasi serta melaksanakan aktivasi melawan kudeta. Ini, tegasnya, untuk mensupport kerakyatan.

” Kita tidak dapat membiarkan usaha kudeta sekali lagi merenggut nyawa orang Bolivia. Kita mau mengajak seluruh orang buat membela kerakyatan,” tutur Arce dari adres kepala negara, Casa Grande, diambil CNN International.

Delegasi Kepala negara David Choquehuanca pula menyumpahi kudeta itu sebab dicoba pada penguasa yang diseleksi dengan cara demokratis. Mantan kepala negara Evo Morales pula menulis di alat sosial( medos) X kalau” kudeta lagi terjalin” serta pula menekan” aktivasi nasional buat membela kerakyatan”.

Apa yang Terjalin?

Mengambil AFP, rumor berkata kalau perihal ini terpaut pemecatan Zuniga. Beliau seketika timbul di tv Senin serta berkata hendak membekuk Morales.

Perihal ini hendak dirinya jalani bila kepala negara pribumi awal Bolivia itu mencalonkan diri lagi di 2025 walaupun telah didiskualifikasi. Morals sendiri ialah wujud yang amat terkenal hingga beliau berupaya melanggar konstitusi serta mencalonkan diri buat era kedudukan keempat pada tahun 2019.

Kala itu, figur kapak kiri serta mantan atasan sindikat pekerja coca itu memenangkan pemungutan suara lagi. Tetapi beliau terdesak mengundurkan diri di tengah keluhan memadamkan atas asumsi ketakjujuran pemilu serta meninggalkan Bolivia.

Tetapi dirinya balik sehabis sekutunya, yang dalam pemilu 2020 jadi kompetitor, Luis Arce memenangkan bangku kepresidenan pada Oktober tahun yang serupa. Semenjak itu Bolovia sudah hadapi sebagian rentang waktu ketidakstabilan politik dalam sebagian tahun ini.

Terkini terjalin di Januari kemudian. Di mana para pendukung Morales melaksanakan pengepungan jalur sepanjang berhari- hari buat menentang diskualifikasi Morales.

Jawaban AS- Eropa

Negara- negara bumi merespons kilat apa yang terjalin di Bolivia. Rezim Kepala negara Amerika Sindikat( AS) Joe Biden misalnya berterus terang lalu memperhatikan insiden di Bolivia.

” AS memantau dengan teliti suasana di Bolivia serta melantamkan kenyamanan,” tutur ahli ucapan Badan Keamanan Nasional.

Perihal serupa pula dibilang atasan negara- negara Amerika Latin. Atasan Chile, Ekuador, Peru, Meksiko, Kolombia, serta Venezuela melantamkan supaya kerakyatan dihormati.

” Aku penggemar kerakyatan serta aku mau kerakyatan legal di semua Amerika Latin. Kita menyumpahi seluruh wujud kudeta di Bolivia,” jelas Kepala negara Brasil Luiz Inacio Lula da Silva menulis di X.

” Menyumpahi aktivasi‚Ķ angkatan wajib angkat tangan pada kewenangan awam yang diseleksi dengan cara legal,” tutur Sekretaris Jenderal Badan Negara- negara Amerika( OAS), suatu badan pan- Amerika, Luis Almagro.

Perihal serupa pula diteriakkan negeri Eropa. Kesatu Menteri( PM) Spanyol Pedro Sanchez melantamkan hidmat kepada kerakyatan serta daulat hukum.

Uni Eropa( UE) berkata mereka menentang tiap usaha RGO303 LINK ALTERNATIF LOGIN buat mengusik aturan konstitusional di Bolivia serta menggelindingkan rezim yang diseleksi dengan cara demokratis. Kepala Kebijaksanaan Ekonomi UE Josep Borrell meningkatkan kalau mereka melaporkan kebersamaan dengan penguasa Bolivia serta rakyatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *